Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Ramadhan sudah dekat. Semoga Allah سبحانه و تعالى‎ memberikan kesempatan bagi Kita semua untuk kembali berjumpa dengan bulan mulia tersebut di tahun ini. Sebagaimana kita fahami bersama, Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan, bulan yang di dalamnya, setiap amal ibadah mendapatkan nilai yang lebih istimewa jika dibandingkan dengan di bulan – bulan lain. Salah satu amalan yang mendapat nilai istimewa di bulan Ramadhan adalah amalan Umroh.

Umroh adalah salah satu bentuk ibadah yang dengan sendirinya memiliki keistimewaan, namun di dalam bulan Ramadhan, keistimewaan tersebut bertambah – tambah. Sebagaimana kita maklumi, umroh berbeda dengan haji, begitu pula, pahala umroh tidaklah sama dengan pahala haji. Namun dalam bulan Ramadhan, terdapat satu pengecualian.

Diriwayatkan dalam Shahihain, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda kepada seorang wanita Anshar, “Apa yang menghalangimu untuk ikut berhaji bersama kami?” Ia menjawab, “Kami tidak memiliki kendaraan kecuali dua ekor unta yang dipakai untuk mengairi tanaman. Bapak dan anaknya berangkat haji dengan satu ekor unta dan meninggalkan satu ekor lagi untuk kami yang digunakan untuk mengairi tanaman.” Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Maka apabila datang Ramadhan, berumrahlah. Karena sesungguhnya umrah di dalamnya menyamai ibadah haji.” Dalam riwayat lain, “Seperti haji bersamaku.

Para ulama berbeda pendapat tentang siapa yang akan mendapatkan keutaman umroh di bulan Ramadhan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits tersebut.

  1. Keutamaan dalam hadits ini hanya khusus untuk wanita yang diajak bicara oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tersebut
  2.  Keutamaan umrah ini bagi orang yang berniat haji lalu tidak mampu mengerjakannya. Kemudian ia menggantinya dengan umrah di Ramadhan. Sehingga ia mendapat pahala haji secara sempurna bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam karena terkumpul dalam dirinya niat haji dalam pelaksanaan umrah. Salah satu ulama yang berpendapat seperti ini adalah imam Ibnu Katsir
  3. Keutamaan umroh ini adalah bagi semua orang yang berumroh di bulan Ramadhan, tidak khusus bagi orang tertentu atau dalam kondisi tertentu. Ini  adalah pendapat ulama mayoritas ulama, termasuk di dalamnya ulama empat madzab. Dan insya Allah ini adalah pendapat yang paling benar

Akan tetapi perlu diperhatikan, bahwa umroh di bulan Ramadhan dengan keutamaanya yang menyamai ibadah haji, tetaplah tidak sama dengan haji. Dengan kata lain, umroh di bulan Ramadhan, meskipun mendapatkan pahala sebagaimana ibadah haji, akan tetapi tetap tidak menggugurkan kewajiban ibadah haji bagi mereka yang mampu.

Maksud dari hadits tersebut adalah penyamaan pahala, bukan penyamaan dalam pelaksanaan perintah. Jadi, samanya di sini adalah kadar pahala antara umrah di Ramadhan dan pahala haji. Bukan dari jenis dan bentuknya. Dan tidak diragukan lagi bahwa haji lebih utama daripada  umrah ditinjau dari jenis amal. Wallahu A’lam.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>